Monday, June 26, 2006
16 Besar

 click picture for more photos

Sampai saat ini semua prediksiku mengenai hasil pertandingan-pertandingan babak kedua putaran final Piala Dunia masih tepat. Jerman menang terhadap Swedia, Argentina mengalahkan Meksiko, Inggris menang atas Ekuador dan terakhir tadi pagi dini hari Portugal menang atas Belanda. Turut berduka cita wahai para suporter grup-grup yang kalah!

 

Seorang teman merasa sedih saat Korea Selatan kalah di babak awal putaran final, tidak bisa mengulang kesuksesannya 4 tahun lalu saat bertanding di kandang sendiri. Dia sedih karena tidak ada lagi wakil Asia di 16 besar dan seterusnya. Mungkin sebagai bangsa Asia harusnya aku berpikir begitu juga ya. Tapi sayangnya tidak ada satupun tim Asia yang menarik buatku untuk mengidentifikasikan diri. Tidak Korsel, tidak Jepang, tidak Iran, apalagi Arab Saudi. Biarlah dianggap pengkhianat rumpun Asia, aku tetap lebih suka sepak bola Eropa atau Amerika Latin. Tapi pasti akan lain halnya kalau Indonesia bisa masuk ke putaran final. Wah, pasti mati-matian kusuporteri! Kepingin juga rasanya melihat bendera Indonesia berkibar di stadion saat putaran final Piala Dunia dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di situ. Pasti aku akan mbrebes mili (menitikkan air mata).

 

Oke, kembali ke alam nyata. Pertandingan Jerman lawan Swedia kemarin tidak begitu kukuatirkan karena pikirku akan mudah dimenangkan oleh Jerman. Dan ternyata memang betul. Bagai tank Jerman menggilas Swedia 2-0.

 

Pertandingan Argentina lawan Meksiko-lah yang kutunggu-tunggu malam itu. Susah buatku mau membela yang mana. Dua-duanya Amerika Latin, dua-duanya aku suka. Tapi aku lebih berharap Argentina menang. Dan memang mereka yang menang. Menonton pertandingan ini juga menyenangkan sekali, temponya cepat, walaupun akhirnya melambat juga setelah sampai ke masa perpanjangan waktu. Dan gol penentu kemenangan Argentina oleh Rodriguez itu bagus sekali! Tapi aku juga kasihan pada pemain Meksiko Borgetti yang kelihatan melakukan gol bunuh diri. Walaupun gol itu akhirnya diputuskan dilakukan oleh pemain Argentina Crespo, sepertinya Borgetti ikut berperan. Setidaknya dari beberapa sudut tv yang kutonton, kelihatannya Borgetti yang menyebabkan bola melenting masuk ke gawangnya sendiri. Pasti dia akan dicaci maki di negaranya. Kasihan!

 

Pertandingan tadi malam antara Inggris dengan Ekuador berjalan lambat, mungkin karena cuacanya panas. Dan Beckham kelihatan sakit, tapi gol hasil tendangan bebasnya masih cantik. Betul-betul semodel Bend It Like Beckham. Seperti yang kuperkirakan, Inggris menang walaupun Ekuador sempat hampir membuat skor juga.

 

Nah, pertandingan tadi pagi yang betul-betul ramai. Temponya cepat. Sayangnya agak terlalu emosionil sampai ada pemain yang hampir berkelahi segala. Lalu juga terlalu ’main fisik’ sehingga kartu-kartu kuning dan kartu merah (akibat kena dua kali kartu kuning) berjatuhan bagai hujan – 16 kartu kuning dan 4 kartu merah diberikan oleh wasit. Walaupun bola lebih banyak dimainkan pemain Belanda, akhirnya Portugal yang menang. Kasihan juga Belanda, padahal Cocu sempat hampir membuat skor, hanya tendangannya melenting di tiang gawang.

 

Untuk sisa pertandingan di babak 16 besar ini harapanku hasilnya semoga seperti ini: Brazil menang dari Ghana dan Spanyol mengalahkan Perancis. Perancis betul-betul payah selama putaran awal. Jagoku jaman dulu ini sekarang keok betul. Gemas melihat hasil pertandingan mereka di putaran awal. Makanya aku jadi lebih suka melihat Spanyol menang. Tentang Italia lawan Australia, aku tidak begitu peduli siapa yang akan menang. Australia menunjukkan prestasi yang lumayan selama babak awal, sedang Italia tidak begitu cemerlang. Tapi karena punya lebih banyak pengalaman, kupikir sih Italia masih mungkin menang. Soal Swiss dan Ukraina, aku juga tidak punya preferensi, mestinya Swiss yang akan menang. Jadi di perempat final Italia akan bertemu Swiss dan Brazil akan bertemu Spanyol. Harapanku yang akan keluar sebagai pemenang adalah Italia dan Brazil.

 

Yang sudah pasti Portugal akan bertemu dengan Inggris. Di putaran final Piala Eropa 2004 lalu Portugal mengalahkan Inggris. Aku sih berharap Portugal akan menang, walaupun dengan Deco terkena kartu merah dan Ronaldo cedera, mereka bakalan repot memilih pemain. Lho kok, kenapa Portugal yang dibela? Sebenarnya memang aku lebih banyak berafiliasi dengan Inggris, setelah bertahun-tahun bekerja pada sebuah perusahaan minyak Inggris dan sekarang juga bekerja pada perusahaan konsultan dari Inggris. Aku sendiri pernah sekolah di sana dan suka sekali pada negara itu, yang sudah kuangap sebagai home away from home. Tapi entah kenapa, kalau menyangkut tim sepakbolanya, aku tidak pernah terlalu suka. Untung teman-teman Inggrisku tidak bisa bahasa Indonesia, jadi mereka tidak akan tahu ’pengkhianatan’ku ini :)

 

Antara Jerman dan Argentina? Tentu saja aku berharap Argentina yang menang! Walaupun ini bakalan susah lantaran Jerman main di rumah sendiri dengan dukungan penonton yang kuat. Juga mereka punya stamina tinggi dan selama ini bermain baik. Tapi Argentina punya taktik bagus dan pemain bagus. Semoga mereka yang menang.  

 

Jadi idealnya menurut harapanku di pertandingan semi final akan berhadapan Argentina dengan Portugal dan Italia dengan Brazil. Lalu di final? Yah, final yang ideal menurutku adalah antara Argentina dan Brazil! Kalau bisa begini partai final nanti, siapapun di antara keduanya yang memenangkan piala, aku akan tetap senang.

Singapura, 26 Juni 2006

 


Posted at 07:28 pm by koeniel

lili
March 2, 2007   10:59 PM PST
 
Mbak,
Mungkin kayak Brazil kemarin ituh. Saking pemainnya pada jago semuah, eeh pada main sendiri. Jadi kekompakan Team kurang.

Nah, Inggris juga gituh...pada kayak di clob masing2, tapi utk team nasional inggris...waaa keyok....
Name
July 3, 2006   04:14 PM PDT
 
Wah ... adu bikin ulasan nih ... lamunan-sejenak juga nggak mo kalah ... :-P
rini
June 27, 2006   08:27 AM PDT
 
di kantor tiap hari ada tarohan bola. cuma $1 per orang. tapi lumayan kalo menang bisa dapet $15-25 hehehe.. buat jajan.

okay untuk final gua beda sendiri : Jerman vs Spanyol.
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments







Previous Entry Home Next Entry


me:
female, Indonesian
geologist, diver
bookworm
photography hobbyist
Jakartan
lives in Singapore







Travel Photo Album



Book Collection



All About Diving



Movie Page


All About Dog




kotak sapaan:



   






Home


Previous Entries

  • About Books and Films
  • From Diving Trips
  • Travel Notes

  • Sepakbola! Ole Ole Ole!
  • Gempa, Tsunami & Bencana Geologi

  • Tentang Jomblo, Jodoh & Perempuan
  • Tentang Bangsaku
  • Saat Merenung....

  • Keluarga, Teman & Hidup Sehari-hari
  • About Dogs and Puppies
  • Di Negeri Orang

  • Dunia Kerja
  • My Offshore Life

  • Kala hati bicara....


  • Written in English





    'Neighbours'

    Bule Irish
    All About Chocolate
    Krisna
    erwin@terong
    Dongeng Geologi
    Ekonomi Migas
    Indonesia Today
    Bataviase Nouvelles
    Planet Singapura
    Mimbarnya Pak Mimbar
    A Little Bit of Everything
    Beritakan
    Lamunan Sejenak
    Busy Brain
    Di Suatu Hari
    Warung Kopi MpokB
    Razar Media
    Irene's Journeys
    Carpe Dieblog
    Mi Familia
    Deedee's World
    Mia's Lounge
    Qeong Ungu

    'Lounges and Coffee Shops'

    Kapal Selam Underwater Photography
    Kapal Selam Dive Club
    AREK KAJ
    Sahabat Museum
    Sahabat Museum @ Friendster






    Old Musings & Stories


    Dive Notes
    Balinese Underwater Monster
    Butterfly & Layang Layang
    Underwater Countdown
    My First Mola mola
    Mola mola
    Tergila-gila Pada Kehidupan Bawah Air
    Sanghyang, Where Underwater Deities Dwell
    Tentang Penyu
    Life Wins
    Bumi Berguncang Lagi
    Not Just A Shark Tale
    Dari Dasar Laut
    Dari Dasar Kolam


    Travel Notes
    Di Tanah Kering Bebatuan
    Minus
    Beijing
    The Moon Over Alton
    The Way To Travel
    A Rainy Day in Ambon
    The Irish Experience
    Bukan Hantu
    Kota Bata Merah
    Tentang Penyu
    Kampungku Indah
    Persembahan Untuk Para Sahabat
    Lawang Sewu dan Fullerton, Semarang dan Malaka
    Plesiran Tempo Doeloe
    Mandi Ditemani Pelangi
    Kalau Ingin Menyepi...
    Barcelona
    Coretan Musim Semi: 10. Akhir
    Coretan Musim Semi: 9. Menang
    Coretan Musim Semi: 8. Romansa
    Coretan Musim Semi: 7. Hantu
    Coretan Musim Semi: 6. Sacre Triduum
    Coretan Musim Semi: 5. Granit
    Coretan Musim Semi: 4. Pulau
    Coretan Musim Semi: 3. Matahari
    Coretan Musim Semi: 2. Hujan
    Coretan Musim Semi: 1. Semi
    Monument Valley
    Grand Canyon
    Kisah Musim Dingin: 11. Business Class
    Kisah Musim Dingin: 10. London
    Kisah Musim Dingin: 9. York
    Kisah Musim Dingin: 8. Salju
    Kisah Musim Dingin: 7. Aberdeen lagi
    Kisah Musim Dingin: 6. Edinburgh
    Kisah Musim Dingin: 5. Aberdeen
    Kisah Musim Dingin: 4. Ke Utara
    Kisah Musim Dingin: 3. The Field Trip
    Kisah Musim Dingin: 2. Derbyshire
    Kisah Musim Dingin: 1. London
    from the Peninsula: 17. An enlightening trip
    from the Peninsula: 16. War and other things
    from the Peninsula: 15. Back in Singapore
    from the Peninsula: 14. A night on the bus
    from the Peninsula: 13. Back to Malaysia
    from the Peninsula: 12. The City of Angels
    from the Peninsula: 11. Palaces & Dead Soldiers
    from the Peninsula: 10. the train journey
    from the Peninsula: 9. About Penang
    from the Peninsula: 8. The Drive around Penang
    from the Peninsula: 7. About KL
    from the Peninsula: 6. About Malaka
    from the Peninsula: 5. in old Malaka
    from the Peninsula: 4. Green Singapore
    from the Peninsula: 3. About Museums
    from the Peninsula: 2. the amazing Singapore
    from the Peninsula: 1. my 1st trip abroad
    White beaches, Coconut trees, Gorgeous sunset
    Wild Whirling Wet WhiteWater Adventure!
    Gunung Gede


    Book and Film Reviews
    Bobby
    Babel
    What The [Bleep] Was That?
    Joining The Throng - The Book Baton
    Manusia Kesepian
    Horor
    Mencari Tuhan
    The Last Samurai
    Coretan Musim Semi 7: Hantu


    Kisah-Kisah Bumi
    Negeri Bencana
    Dongeng Tukang Akik Tentang Gempa
    Bukan Supranatural
    Bumi Berguncang Lagi
    Sekilas Tentang Gempa dan Tsunami


    About Dogs and Puppies
    Home is Where the Heart is
    The Hunter
    The Little Dog and The Sea
    No Puppies for Chocolate
    All Dogs Go to Heaven
    Aku Jatuh Cinta


    Football!
    16 Besar
    Tangguh
    Bola Lagi
    The Underdog
    Euro 2004: Lebih baik menyerang
    Euro 2004: Non Partisan
    Euro 2004: Bukan Dongeng Yunani
    Euro 2004: Kursi Panas


    Tentang Perempuan
    Hari Perempuan
    Bencana
    Kartini
    Jodoh
    Sekuhara
    Katakan Aku Cantik
    24
    Dark Energy
    Oret-Oret Seputaran Valentine
    Masih Banyak Lagi
    Lagi-Lagi Tentang Diskriminasi
    Perempuan dan Lelaki
    Bahagia Menurut Para Ilmuwan
    Si Lajang
    The Last Samurai
    My Frist Shalwar Khameez


    Tentang Bangsaku
    Negeri Bencana
    Jakarta, The Next Atlantis
    Potongan
    Natal Di Kampungku
    Berebut Cepu
    Milik Siapa?
    Indo? Indon? Indonesa? Indonesia?
    Anak Yang Hilang
    A Dark Cloud Over Bali
    Manusia Kesepian
    Bukan Anak-Anak Yang Salah
    Masih tentang Sopan Santun
    Sopan Santun
    Lampu Hazard
    Macet!!
    Pisang
    SMOS SMOS
    Kampungku Indah
    A Thirst for Knowledge
    Berita dari Aceh
    Bumi Berguncang Lagi
    Ini Bagian dari Kita Juga
    Persembahan untuk Para Sahabat
    Lawang Sewu dan Fullerton, Semarang dan Malaka
    Tanah dan Air
    Pemilu di Kampungku
    TKI vs TKF
    Pemilu yang Membingungkan
    Plesiran Tempo Doeloe
    Orang Indonesia belum layak punya kebun binatang!
    Kalau Ingin Menyepi....
    Sekali Lagi....
    Sesaat
    Damai
    Dunia Yang Marah


    Work Work Work
    Marah
    Belajar Sabar
    Thank you, SQ
    Minus
    Beijing
    Cosmopolitan
    The Way To Travel
    Topi Sombrero
    A Block in The Blog
    Anak Yang Hilang
    To Jump or Not To Jump
    Mencari Tantangan
    A Thirst For Knowledge
    A Prison In the Middle of The Sea
    Lagi-lagi Tentang Diskriminasi
    Tentang Kerja Fisik
    Graveyard Shift
    Tentang Ruang Pribadi
    Tanah dan Air
    Perempuan dan Lelaki
    My Frist Shalwar Khameez
    Mandi Ditemani Pelangi
    One Usual Grey Afternoon
    Yang Terbaik
    Ketidakpastian
    Comfortable With Uncertainty
    Sunsparc or Sunflower
    Exciting!
    Sudah Tertawa Lagi
    Marah
    Sepi
    Tidur
    Capek
    Masih Tentang Kehidupan di Rig
    Serba-serbi hidup di rig...
    Bad Day
    Sebelum drilling dimulai
    Pride Pennsylvania
    Takut
    Pasca Kebakaran
    Kebakaran!


    Home Away From Home
    Hot Whiskey
    Miskin
    Jauh
    Cosmopolitan
    Balada Si Dengkul
    Kempes
    Bencana
    Menunggu
    Rumah Hantu
    Indo? Indon? Indonesa? Indonesia?
    A Block in The Blog
    The Kuatir
    Tidak Sendiri
    Nostalgia
    Berubah
    Bukan Hantu
    My First Shalwar Khameez
    Masih tentang Pakistan
    Sekelumit Tentang Pakistan dan Islamabad
    Assalamualaikum & Shukriya
    Jenggot
    One year Flew By...
    Setahun Berlalu Bagai Angin....
    Sepi
    Temptations
    Hari Ini Dunia Tiba-Tiba Berwarna
    Lent
    Dingin Tapi Sehat
    Hartland-Kilve Field Trip
    Masih Miskin, dan lain-lain
    Mahasiswa Miskin
    Jadi Mahasiswa Lagi
    Dari Kampus
    Terdampar...
    Tragedi



    Family and Friends....
    Untuk Pak Ton
    Home is Where the Heart is
    Juara
    Kopdar
    Hot Whiskey
    Jauh
    All Dogs Go To Heaven
    Cinta Jilid 1
    Potongan
    Natal Di Kampungku
    Aku Jatuh Cinta
    Balada si Dengkul
    Kempes
    Bencana
    Menunggu
    Kartini
    Rumah Hantu
    Kuatir
    Tidak Sendiri
    Jodoh
    Sekuhara
    Melindas (Flu) Burung
    Tanpa Listrik
    24
    Dengkulku Somplak
    Dark Energy
    Pisang
    Jetlag
    Oret-Oret Seputaran Valentine
    Masih Banyak Lagi
    Si Lajang
    Pemilu di Kampungku
    The Last Samurai
    Mandi Ditemani Pelangi
    Bukan Kacang....
    Setahun Berlalu Bagai Angin......
    One Usual Grey Afternoon
    Dunia Itu Memang Kadang Sempit
    Pagi Setelah Wanarek
    Duka










  • ©2000 Koeniel


    Contact Me


    If you want to be updated on this weblog Enter your email here:


    since 25 March 2006
    rss feed

    Blogdrive





    You can copy or forward these writings, but please mention the source and provide the link to this page

    Silakan mengkopi tulisan-tulisan ini tapi sertakan sumbernya dan link ke halaman ini
    http://my-musings.blogdrive.com








    Clip arts courtesy of Barb's Pic, Barry's Clipart and Microsoft Office Clipart Gallery






















    My Favourite Films:












    CURRENT MOON